MENGGAPAI KESEMPURNAAN ISLAM
MELALUI IBADAH HAJI DAN UMRAH
(Haji dan Umrah)
KOMPETENSI INTI
KI-1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2. Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
MATERI POKOK
Haji artinya menyengeja atau menuju, sedangkan menurut istilah haji adalah sengaja mengunjungi ka’bah di mekah untuk melaksanakan ibadah kepada Allah swt. pada waktudan dengan cara tertentu.
Hukum melaksanakan haji adalah wajib, namun demikian dalam keadaan tertentu hukum melaksanakan ibadah haji bisa menjadi sunnah, makruh bahkan haram.
syarat wajib haji: Islam, Baligh, Merdeka, Berakal, Kuasa atau mampu
syarat sah haji: Dilaksanakan sesuai waktunya, Melaksanakan urutan-urutan rukun haji tidak bolak-balik (tertib), Dipenuhi syarat-syaratnya, Dilaksanakan di tempat yeng telah ditentukan.
Rukun haji adalah: ihram, wukuf, tawaf, sai, tahallul, tertib
Kewajiban wajib haji ialah sebagai berikut: ihram dari miqat, bermalam di mudzalifah, bermalam di mina, melempar jumrah, meningggalkan segala yang haram karena ihram, melaksanakan tawaf wada’ atau tawaf perpisahan.
Menurut bahasa umrah berarti ziarah ataun berkunjung, sedangkan menurut istilah syara’, umrah adalah menziarahi ka’bah di Mekah dengan niat beribadah kepada Allah di sertai syarat-syarat tertentu.
Hukum melaksanakan ibadah umrah adalah fardhu ‘ain (wajib) atas tiap-tiap orang islam laki-laki atau perempuan bagi yang mampu. Untuk umrah kedua, ketiga dan seterusnya hukunya sunnah.
Syarat-syarat umrah sama dengan syarat-syarat dalam ibadah haji. Sedangkan rukun umrah agak berbeda dengan rukun haji. Rukun umrah meliputi: Islam, baligh, berakal, dan merdeka
Rukun umrah itu ada lima, yaitu :ihram, tawaf, sa’I, tahalul, dan tertib. Sedangkan wajib umrah ada dua macam, yaitu sebagai berikut: niat ihram dari miqat, dan meninggalkan dari segala larangan umrah , sebagaimana halnya larangan dalam mengerjakan haji
Tata Urutan Pelaksanaan Ibadah Umrah
Melakukan ihram dengan niat umrah dari miqat makani yang telah di tentukan,
Masuk ke Masjidil Haram untuk melakukan tawaf sebanyak tujuh kali sekali putaran,
Selesai tawaf, dilanjutkan dengan sa’i antara bukit Safa dan Marwah,
Lalu tahallul sebagai penanda selesainya pelaksanaan umrah
Hikmah Diwajibkannya Haji Dan Umroh, antara lain: mengikhlaskan seluruh ibadah, mendapat ampunan dosa-dosa dan balasan surga, dapat terbukanya wawasan, menyambut seruan nabi ibrahima as., menyaksikan berbagai manfaat bagi kaum muslimin, saling mengenal dan saling menasehati, dan mempelajari agama Allah swt.
PROSES PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Guru memotivasi peserta didik dengan kegiatan yang ringan, seperti cerita motivasi, senam otak atau bersalawat.
Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar haji dan umrah.
Guru dapat menggunakan beberapa alternatif media/alat peraga/alat bantu, dapat berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
Guru menggunakan metode diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting. Artinya, peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar yang dikolaborasi dengan metode demontrasi.
2. Kegiatan Inti
Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi haji dan umrah. Kegiatan mengamati
Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan.
Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara.
Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya
Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman haji dan umrah. Peserta didik bisa bertanya dengan menggunakan kata Tanya: apa, mengapa, bagaimana, bagaimana jika dan sebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan Kegiatan menannya
Catatan:
Guru harus dapat mendorong peserta didik untuk berani menanya
Peserta didik mengungkapkan pertanyaan-pertanyaannya lewat lisan atau tulisan
Guru bisa meminta salah satu peserta didik untuk menulis semua pertanyaan-pertanyaan tersebut di papan tulis atau bisa ditulis di kertas.
Guru harus memberikan penghargaan terhadap pertanyaan yang dikemukakan oleh peserta didik, misalnya “pertanyaan yang bagus sekali, dan sejenisnya”
Guru menjelaskan beberapa poin yang diramu dari beberapa poin pertanyaan siswa sebelumnya, Kegiatan menbaca
Guru memberi tugas kepada siswa secara berkelompok atau perorangan untuk membaca dan memahami hasil bacaan yang ditentukan. Lalu secara bergiliran menjelaskan hasil bacaan masing-masing temannya yang lain secara bergantian
Guru meminta peserta didik tetap bersama kelompoknya.
Guru membagi pertanyaan-pertanyaan ke tiap kelompok. Kegiatan menganalisa
Tiap kelompok mendapat tugas satu pertanyaan.
Guru memberikan kesempatan kepada kelompok untuk mendiskusikannya. Tiap kelompok mencatat hasil diskusinya di kertas (guru bisa mengembangkan dengan kertas ukuran besar). Tiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya secara singkat.
Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
Guru membimbing peserta didik untuk membaca kisah Kisah Tukang Kasut Dan Haji Mabrur Kegiatan Memotivasi
Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah/ cerita tersebut
Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap kisah tersebut.
Guru memotivasi dengan meminta peserta didik bercita-cita menjadi naik haji, dengan memperhatikan ketentuan pelaksanaan haji yang benar agar mendapatkan haji mabrur
Untuk memperkuat pemahaman tentang pelaksanaan tatacara qurban, aqiqah, dan penyembelihan, guru meminta peserta didik untuk melakukan simulasi haji dan umrah. Kegiatan Mempratekkan
Pada moment tertentu, misalnya musin haji, peserta didik ditugaskan untuk melakukan investigasi (dalam bentuk tugas proyek) tentang kegiatan wawancara dengan orang yang mau atau sudah naik haji di lingkungan masing-masing atau melihat video kegiatan tersebut
Guru memberi penguatan dari pelaksanaan simulasi haji dan umrah
Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman. Kegiatan Merangkum
Peserta didik mengerjakan tugas/soal sesuai arahan guru
3. Kegiatan Penutup
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
PENILAIAN
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:
Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:
Aspek dan rubrik penilaian.
Pola berpikir saat menyampaikan informasi/pendapat
Jika sama sekali tidak runtut/teratur, skor 1
Jika sebagian kecfil runtut/teratur, skor 2
Jika sebagian besar runtut/teratur, skor 3
Jika seluruhnya runtut/teratur, skor 4
Pola berpikir saat memberikan argumentasi
Jika sama sekali tidak runtut/teratur, skor 1
Jika sebagian kecfil runtut/teratur, skor 2
Jika sebagian besar runtut/teratur, skor 3
Jika seluruhnya runtut/teratur, skor 4
Pola berpikir saat memberikan kritikan
Jika sama sekali tidak runtut/teratur, skor 1
Jika sebagian kecfil runtut/teratur, skor 2
Jika sebagian besar runtut/teratur, skor 3
Jika seluruhnya runtut/teratur, skor 4
Kejelasan fokus dan arah pertanyaan
Jika sama sekali tidak jelas fokus dan arahnya, skor 1
Jika fokus dan arah pertanyaan menjadi jelas setelah diminta mengulang, skor 2
Jika menyadari bahwa fokus dan arahnya tidak jelas sehingga pertanyaannya diulang, skor 3
Jika fokus dan arah pertanyaan jelas, skor 4
Bahasa yang dipakai (saat menyampaikan informasi, kritikan, ataupun argumentasi)
Jika semuanya tidak baik dan tidak benar/tidak baku, skor 1
Jika sebagian besar tidak baik dan tidak benar/tidak baku, skor 2
Jika sebagian kecil tidak baik dan tidak benar/tidak baku, skor 3
J ika seluruhnya baik dan benar/baku, skor 4
Kemampuan dalam berbicara (memberikan informasi, berpendapat, berargumentasi)
Jika sama sekali tidak lancer, skor 1
Jika kadang lancar dan kadang tidak, skor 2
Jika sebagian besar lancer, skor 3
Jika seluruhnya lancar, skor 4
Penilaian sikap Diri
Berilah tanda centang () pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku kalian!
Pedoman penskoran
Ya : skor 5 . Tidak : skor 0.
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah Skor Maksimal
Penilaian antar Teman
Nama Siswa: ……………….Tanggal: ………………… Kelas: …………………..
Keterangan aspek yang dinilai:
Sikap dalam menerima pendapat
Jika sama sekali tidak mau menerima pendapat teman, meskipun pendapat tersebut benar, skor 1
Jika mau menerima pendapat teman, meskipun dengan berat hati atau menunjukkan sikap tidak senang atau lebih banyak mempertahankan pendapatnya, skor 2
Jika mau mendengarkan pendapat teman, meskipun sedikit kurang senang atau setelah teman yang lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar, skor 3
Jika rela mau menerima orang lain memberikan pendapat, skor 4
Sikap dalam menerima kritikan
Jika sama sekali tidak mau menerima kritikan teman, meskipun kritikan yang diberikan memang benar
Jika mau menerima kritikan teman tetapi menunjukan sikap tidak senang atau lebih banyak mempertahankan pendapatnya
Jika mau menerima kritikan teman, meskipun sedikit kurang senang atau setelah teman yang lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar
Jika rela mau menerima atau mengharap orang lain memberikan masukan
Sikap dalam memberikan kritikan
Jika tidak pernah/tidak mau memberikan kritikan
Jika mau memberikan kritikan tetapi berkesan menyalahkan
Jika mau memberikan kritikan tetapi masih ada sebagian yang berkesan menyalahkan
Jika mau memberikan kritikan yang membangun
Sikap saat pendapatnya tidak diterima
Jika marah/kecewa saat pendapatnya tidak diterima
Jika sedikit marah/kecewa saat pendapatnya tidak diterima
Jika masih terus berusaha agar pendapatnya diterima
jika rela pendapatnya tidak diterima
Kemauan membantu, mendorong atau memberikan kesempatan teman untuk berpendapat
Jika tidak pernah membantu, mendorong atau memberikan kesempatan teman untuk berpendapat
Jika mau memberikan bantuan/kesempatan kepada teman untuk menyampaikan pendapat tetapi setelah diingatkan teman lain/guru
Jika mau membantu/memberi kesempatan kepada teman untuk menyampaikan pendapat tetapi dengan kalimat yang bernada menyalahkan
Jika rela membantu, mendorong atau memberikan kesempatan teman untuk berpendapat
Sikap saat orang lain berbicara/menyampaikan pendapat
Jika selalu berupaya memotong pembicaraan teman
Jika sesekali masih berupaya memotong pembicaraan teman
Jika mau mendengarkan pembicaraan (informasi, pertanyaan, argumentasi), meskipun kurang serius dalam mendengarkan
Jika mau mendengarkan pembicaraan (informasi, pertanyaan, argumentasi) sampai teman yang menyampaikannya selesai berbicara
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah Skor Maksimal
Penilaian Mempratekkan
Format penilaian unjuk kerja: simulasi/demontrasi kegiatan jual beli dan qiradh dan riba:
Aspek Penilaian
Niat haji atau umrah
Baca talbiyah
Kegiatan thawaf
Kegiatan sai
Kegiatan melontar jumrah
Pedoman penskoran
Tidak benar (skor 1) Benar (skor 3)
Kurang benar (skor 2) Sangat Benar (4)
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Penilaian Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, dan d!
Haji menurut bahasa adalah…
al haji
berkunjung
di sengaja
meyengaja
Pak Ahmad orang yang kaya raya di kota Bandung, dia dapat melaksanakan haji yang ketiga kalinya, maka hukum haji yang dilakukan oleh pak Ahmad adalah…
wajib
makruh
sunnah
mubah
Perhatikan kalimat berikut !
Islam f ) Berakal
Muhrim g ) Mereka
Baliqh h ) Sai
Haji i ) Mampu
Umroh
Manakah yang termasuk syarat wajib haji…
1,2,3,4,5
1,3,6,7,9
1,3,6,7,8
5,6,7,8,9
Islam, baliqh, berakal, dan merdeka adalah termasuk…
syarat sah haji
syarat wajib haji
rukun haji
wajib haji
Perhatikan kegiatan berikut ini !
Ihram
Wukuf dipadang arafah
Bermalam di muzdalifah
Thawaf ifadah
Bermalam di mina
Sa’i
Melempar jumroh aqobah
Tahallul
Tertib
Urutkan rukun haji yang benar terdapat pada nomor…
1,2,3,4,5,6
1,2,4,6,8,9
2,3,4,5,6,7
4,5,6,7,8,9
Berhenti dipadang arafah pada tanggal 9 Dzulhijah mulai waktu dzuhur sampai saat terbit fajar pada tanggal 10 Dzulhijah adalah pengertian dari…
tawaf
mabit di muzdalifah
wukuf
bermalam di mina
Berhubungan suami-istri dibolehkan bila jamaah haji sudah melakukan…
tahalul awal
tahalul tsami
sa’i
wukuf
Pak Amir jamaah haji pada tahun 2012 dia melakukan kesalahan ketika melaksanakan wajib haji dan kemudian pak Amir menebusnya dengan dam menyembelih hewan, maka haji pak Amir dikatakan…
tidak sah
batal
sah
sunnah
Tawaf perpisahan ketika akan meninggalkan mekkah Al Mukarramah disebut…
tawaf wada
tawaf ifakah
tawaf awal
tawaf tsami
Umroh menurut bahasa ialah…
kedatangan
menyengaja
az ziyarah
al qashdu
Kunci Jawab
1. D 6. A
2. A 7. A
3. C 8. C
4. D 9. A
5. C 10. C
Pedoman penskoran
Jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x1 = 10).
Penilaian Soal Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
Jelaskan pengertian haji!
Jelaskan syarat-syarat haji!
Jelaskan rukun haji!
Jelaskan wajib haji!
Jelaskan hikmah disyariatkan haji dan umrah!
Kunci Jawaban
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Penilaian Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur
Siswa menguji pemahaman tentang materi yang dipelajari dengan menyetor/berdiskusi tentang materi yang ditanyakan.
Keterangan Penilaian
1. Penilaian dari Teman A ; Jawab, Benar, dan lancer, skor 3
2. Penilaian dari Keluarga B ; Jawab tapi Salah, skor 2
3. Penilaian dari Guru Studi C ; Tidak bisa jawab, skor 1
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Saran:
Guru harus kreatif mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan mengikuti langkah-langkah yang ada.
PENGAYAAN
Berilah tugas tambahan kepada siswa yang sudah menguasai materi untuk mengkaji dalil haji dan umrah, sekaligus menerangkan isi kandungannya di depan kelas
Atau peserta didik ditugaskan mencari informasi tentang informasi tentang pelaksanaan ibadah haji dan umrah di Indonesia, kemudian buatlah laporan secara tertulis dengan urutan sebagai berikut !
Hal yang harus dipersiapkan oleh calon jamaah haji atau umrah.
Tata cara pendaftaran ibadah haji.
Pengalaman yang didapat selama pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
Kriteria haji yang mabrur.
Setelah tersusun kemudian diskusikan didepan kelas dengan dipandu oleh Bpak/Ibu guru pelajaran fiqih !
REMEIAL
Berilah tugas kepada siswa yang belum menguasai materi untuk mempelajari materi tentang ketentuan jual beli, qiradh dan riba kepada teman atau kepada guru diluar kelas atau dirumah, dan tagihlah siswa tersebut untuk menerangkan materi yang diminta oleh guru pada pertemuan berikutnya Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
INTERAKSI GURU DENGAN ORANG TUA
Guru meminta peserta didik dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik langsung, maupun memalui telepon, tentang perkembangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar