INDAHNYA BERBAGI
MURAH REZEKI DAN BERBERKAH
SEDEKAH, HIBAH, DAN HADIAH
KOMPETENSI INTI
KI-1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2. Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
Kompetensi Dasar
INDIKATOR
MATERI POKOK
Sedekah ialah pemberian sesuatu kepada seseorang yang membutuhkan, semata-mata hanya mengharap ridha Allah swt.
Rukun seekah ada 4 yaitu; orang yang memberi, orang yang diberi, ijab dan qobul serta benda pemberian.
Menurut bahasa hibah artinya pemberian. Sedangkan menurut istilah hibah ialah pemberian sesuatu kepada seseorang secara cuma-cuma, tanpa mengharapkan apa-apa.
Hukum asal hibah adalah mubah (boleh). Tetapi berdasarkan kondisi dan peran si pemberi dan si penerima hibah bisa menjadi wajib, haram dan makruh.
Hadiah adalah pemberian sesuatu kepada seseorang dengan maksud untuk memuliakan atau memberikan penghargaan. Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya agar saling memberikan hadiah. Karena yang demikian itu dapat menumbuhkan kecintaan dan saling menghormati antara sesama.
Hikmah dan manfaat shadaqah,hibah dan hadiah, antara lain sebagai berikut:
Menumbuhkan rasa kasih sayang sesama umat manusia
Menjadikan harta benda menjadi berlipat
Terjauh dari murka Allah swt.
Terjauh dari siksa neraka
Terjauh dari berbagai macam bencana
Didoakan oleh malaikat setiap hari.
Dapat membantu meringankan beban orang lain
Sebagai Obat penyakit
Memperoleh Pahala yang Mengalir Terus
Menghapus Kesalahan
PROSES PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Guru memotivasi peserta didik dengan kegiatan yang ringan, seperti cerita motivasi, senam otak atau bersalawat.
Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar sedekah, hibah dan hadiah.
Guru dapat memakai beberapa alternatif media/alat peraga/alat bantu, dapat berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
Guru menggunakan metode diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting. Artinya, peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.
2. Kegiatan Inti
Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi sedekah, hibah dan hadiah (Kegiatan mengamati)
Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan
Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara
Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya
Lalu guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman sedekah, hibah dan hadiah. Peserta didik bisa bertanya dengan menggunakan kata Tanya: apa, mengapa, bagaimana, bagaimana jika dan sebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan (Kegiatan menannya)
Catatan:
Guru harus dapat mendorong peserta didik untuk berani menanya
Peserta didik mengungkapkan pertanyaan-pertanyaannya lewat lisan atau tulisan
Guru bisa meminta salah satu peserta didik untuk menulis semua pertanyaan-pertanyaan tersebut di papan tulis atau bisa ditulis di kertas.
Guru harus memberikan penghargaan terhadap pertanyaan yang dikemukakan oleh peserta didik, misalnya “pertanyaan yang bagus sekali, dan sejenisnya”
Guru menjelaskan beberapa poin yang diramu dari beberapa poin pertanyaan atau tanggapan siswa sebelumnya (Kegiatan membaca)
Atau guru memberi tugas siswa secara berkelompok untuk membaca dan memahami hasil bacaan yang ditentukan. Lalu secara bergiliran menjelaskan hasil bacaan masing-masing temannya yang lain secara bergantian
Guru meminta peserta didik tetap bersama kelompoknya
Guru membagi pertanyaan-pertanyaan ke tiap kelompok.
Tiap kelompok mendapat tugas satu pertanyaan. (Kegiatan menganalisa)
Sebelumnya ditentukan ketua kelompok yang bertugas mengatur pembagian tugas dalam menyelesaikan tugas kelompok.
Salah satu kelompok maju ke depan untuk mempresentasikan hasil tugas mereka, dengan membagi di anatara mereka (moderator, pembicara, notulen, dan sebagainya), hingga semua aktif terlibat
Kelompok yang mengamati dan memberi tanggapan dari presentasi salah satu kelompok. Demikian juga dengan kelompok selanjutnya
Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
Guru membimbing peserta didik untuk membaca kisah “Kedermawanan Utsman bin Affan” (Kolom Motivasi)
Guru memotivasi dengan meminta peserta didik bercita-cita untuk mau bersedekah dan menghayati keutamaan sedekah, hibah dan hadiah.
Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah/ cerita tersebut
Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap kisah tersebut.
Untuk memperkuat pemahaman tentang pelaksanaan tatacara bersedekah, hibah dan hadiah, guru meminta peserta didik untuk melakukan simulasi sedekah, hibah dan hadiah (Kegiatan Mempratekkan)
Guru memberi penguatan dari pelaksanaan praktek simulasi sedekah, hibah dan hadiah
Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman. Kegiatan Merangkum dan kolom karakter
Peserta didik mengerjakan tugas/soal yang diberikan oleh guru
3. Kegiatan Penutup
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
PENILAIAN
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:
Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:
Aspek dan rubrik penilaian.
1. Kejelasan dan kedalaman informasi.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 1.33
Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 1.20
Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 1.10
2. Keaktifan dalam diskusi.
Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi skor 1.33
Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi skor 20.
Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi skor 1.10
3. Kejelasan dan kerapian presentasi.
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 1.33
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 1.25
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 1.20
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 1.10
Penilaian sikap Diri
Berilah tanda centang () pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku kita
Berilah tanda centang (✔) pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku kita
Pedoman penskoran
Ya : skor 5 . Tidak : skor 0.
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah Skor Maksimal
Penilaian antar Teman
Nama Siswa: ……………….Tanggal: ………………… Kelas: …………………..
Keterangan aspek yang dinilai:
Keaktifan memberikan pendapat/menyampaikan ide
Kesediaan menerima pendapat/ide dari teman dalam kelompok
Kesetiaan dalam melaksanakan tugas yang diberikan kelompok
Kemampuan mengambil keputusan dalam kelompok
Kepedulian terhadap kesulitan terhadap sesama anggota kelompok
Kesediaan memberikan kesempatan kepada sesama anggota kelompok
Kemampuan mengorganisir/mengaktifkan kerja kelompok
Pedoman Penskoran:
tidak baik skor 1
baik, skor 2
sangat baik, skor 3
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah Skor Maksimal
Penilaian Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang paling benar!
Perbuatan memberikan sesuatu kepada orang lain dengan mengharap ridho Allah semata disebut…
Zakat c. Hibah
Hadiah d. Sadaqoh
Seseorang yang memberikan sadaqoh atau hadiah kepada orang lain, maka ia harus mengetahui hukum sadaqoh, yang manakah yang termasuk hukum sadaqoh…
Sunnah c. Makruh
Wajib d. Mubah
Dibawah ini adalah yang termasuk Rukun Sadaqah…
Upeti c. Imbalan
Ribah d. Ijab & Qabul
Aminah memberikan sesuatu kepada Aisyah dengan tulus dan Ikhlas karena Allah SWT, maka perbuatan Aminah termasuk…
Sadaqoh c. Hibah
Hadiah d. Wasiat
Pemberian dari seseorang kepada orang lain dengan tidak ada imbalan dan sebab disebut…
Hadiah c. Hibah
Sadaqoh d. Riba
Hukum hibah adalah…
Wajib c. Mubah
Sunnah d. Makruh
Hibah dapat dianggap sah apabila pemberian itu sudah mengalami proses…
Jual-beli c. Sewa-menyewa
Ijab-qabul d. Serah-terima
Hadiah yang diberikan kepada orang lain dengan tujuan disebut…
Mengharapkan kebaikannya
Untuk kesetiaannya
Demi meningkatkan persatuaan
Untuk penghargaan
Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk saling memberikan hadiah, hukum memberikan hadiah adalah…
Wajib c. Makruh
Sunnah d. Mubah
Manakah pernyataan dibawah ini yang termasuk manfaat sadaqoh, hibah, dan hadiah…
Semakin banyak yang mencacimaki
Semakin sombong dan angkuh
Semakin tunduk dan patuh serta bersyukur kepada Allah SWT
Semakin dihormati
Pedoman penskoran : Pilihan ganda: Jumlah jawaban benar x 0,25 (maksimal 10 x 0,25 = 2,50)
Penilaian Soal Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
Jelaskan Pengertian shadaqoh dan hukumnya !
Jelaskan Rukun shadaqoh
Jelaskan Pengertian hibah!
Jelaskan hukum hibah!
Sebutkan Hikmah dan manfaat shadaqah,hibah dan hadiah
Kunci Jawaban
Skor penilaian soal uraian
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Penilaian Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur
Setelah mempelajari tentang Penyembelihan, Kurban, dan Akikah, cobalah kalian menuliskan pengalaman kalian tentang salah satu dari tema tadi (penyembelihan, kurban, dan akikah) yang kalian lakukan. Jika memungkingkan hasil pengalaman kalian ditempel di madding kelas kalian
Skor penilaian sebagai berikut:
1. Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya tepat pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 4,00.
2. Jika siswa dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 3,50.
3. Jika siswa dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 2,50.
Saran:
Guru harus kreatif mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan mengikuti langkah-langkah yang ada.
PENGAYAAN
Berilah tugas tambahan kepda siswa yang sudah menguasai materi untuk menghafalkan dalil-dalil tentang kurban dan akikah, sekaligus menerangkan kandungan dalil tersebut didepan kelas atau menyerahkan langsung ke guru dalam bentuk tulisan
Atau buatlah teks kultum dengan tema “Qurban sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah dan ibadah sosial”, dengan sistematika sebagai berikut !
Pembukaan.
Isi meliputi, dasar hukum qurban, manfaat qurban, hikmah qurban.
Penutup /kesimpulan
Presentasikan naskah yang telah kamu buat didepan kelas !
REMEDIAL
Berilah tugas kepada siswa yang belum menguasai materi untuk mempelajari materi tentang kurban dan akikah kepada teman atau kepada guru diluar kelas atau dirumah, dan tagihlah siswa tersebut untuk menerangkan materi yang diminta oleh guru pada pertemuan berikutnya
Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai)
INTERAKSI GURU DENGAN ORANG TUA
Guru meminta peserta didik dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik langsung, maupun memalui telepon, tentang perkembangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar