DRnavbar

Jumat, 06 November 2020

FIKIH 8 BAB 4 - Sedekah

 INDAHNYA BERBAGI

MURAH REZEKI DAN BERBERKAH

SEDEKAH, HIBAH, DAN HADIAH

 

  1. KOMPETENSI INTI 

KI-1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI-2. Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong  royong),  santun,  percaya  diri,  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI-3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


  1. KOMPETENSI DASAR


Kompetensi Dasar

1.1         Menghargai perintah bersedekah, hibah dan memberikan hadiah.

2.2         Membiasakan bersedekah, hibah dan memberi hadiah 

3.1         Memahami ketentuan sedekah, hibah dan hadiah

4.1         Mensimulasikan tata cara sedekah, hibah dan hadiah


  1. INDIKATOR

INDIKATOR

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu:

  • Menunjukkan tata cara infaq selain zakat berdasarkan syariat Islam.

  • Melaksanakan tata cara sedekah, hibah dan hadiah berdasarkan syariat Islam.

  • Menjelaskan ketentuan sedekah, hibah dan hadiah

  • Menerangkan tata cara sedekah, hibah dan hadiah

  • Menunjukkan contoh sedekah, hibah dan hadiah 

  • Mempraktikkan sedekah, hibah dan hadiah dalam kehidupan sehari- hari


Melalui pendekatan saintifik dengan metode komperatif tentang sedekah, hadiah dam hibah, peserta didik dapat:

  • Menunjukkan tata cara infaq selain zakat berdasarkan syariat Islam.

  • Melaksanakan tata cara sedekah, hibah dan hadiah berdasarkan syariat Islam.

  • Menjelaskan ketentuan sedekah, hibah dan hadiah

  • Menerangkan tata cara sedekah, hibah dan hadiah

  • Menunjukkan contoh sedekah, hibah dan hadiah 

  • Mempraktikkan sedekah, hibah dan hadiah dalam kehidupan sehari- hari


  1. MATERI POKOK

  1. Sedekah ialah pemberian sesuatu kepada seseorang yang membutuhkan, semata-mata hanya mengharap ridha Allah swt. 

  2. Rukun seekah  ada 4 yaitu; orang yang memberi, orang yang diberi, ijab dan qobul serta benda pemberian.

  3. Menurut bahasa hibah artinya pemberian. Sedangkan menurut istilah hibah ialah pemberian sesuatu kepada seseorang secara cuma-cuma, tanpa mengharapkan apa-apa.  

  4. Hukum asal hibah adalah mubah (boleh). Tetapi berdasarkan kondisi dan peran si pemberi dan si penerima hibah bisa menjadi wajib, haram dan makruh.

  5. Hadiah adalah pemberian sesuatu kepada seseorang dengan maksud untuk memuliakan atau memberikan penghargaan. Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya agar saling memberikan hadiah. Karena yang demikian itu dapat menumbuhkan kecintaan dan saling menghormati antara sesama.

  6. Hikmah dan manfaat shadaqah,hibah dan hadiah, antara lain sebagai berikut:

  1. Menumbuhkan rasa kasih sayang sesama umat manusia

  2. Menjadikan harta benda menjadi berlipat

  3. Terjauh dari murka Allah swt.

  4. Terjauh dari siksa neraka

  5. Terjauh dari berbagai macam bencana

  6. Didoakan oleh malaikat setiap hari.

  7. Dapat membantu meringankan beban orang lain

  8. Sebagai Obat penyakit

  9. Memperoleh Pahala yang Mengalir Terus

  10. Menghapus Kesalahan 


  1. PROSES PEMBELAJARAN

1.  Kegiatan Pendahuluan

  1. Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.

  2. Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

  3. Guru memotivasi peserta didik dengan kegiatan yang ringan, seperti cerita motivasi, senam otak atau bersalawat.

  4. Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar sedekah, hibah dan hadiah.

  5. Guru  dapat  memakai  beberapa  alternatif  media/alat  peraga/alat  bantu,  dapat berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.

  6. Guru menggunakan metode diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting. Artinya, peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.



2. Kegiatan Inti


  1. Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi sedekah, hibah dan hadiah (Kegiatan mengamati)

  2. Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya. 

  3. Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan

  4. Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara 

  5. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya 


Gambar

Hasil Pengamatan

Siswa memberi bantuan sedekah kepada yang membutuhkannya

  1. Sedekah ialah penyerahan hak milik suatu benda yang diberikan tanpa imbalan kepada orang yang membutuhkan, semata-mata hanya mengharap ridha Allah swt.

  2. Hendaknya dari kecil dilatih untuk membiasakan bersedekah

  3. Dan sebagainya 

Seseorang yang bersedekah dng ikhlas, dan yang satunya masih piker untuk bersedekah

  1. Sedekah adalah merupakan bentuk ibadah, maka Alah yang akan membalasnya

  2. Bersedekah harus ikhlas, dan hanya mengharapkan ridha Allah

  3. Dan sebagainya

Panitia memberi hadiah

  1. Hadiah adalah penyerahaan barang berharga kepaa orang lain sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang dicapai

  2. Dengan disyariatkan haiah, maka akan muncul motivasi untuk saling berlombah dalam mengerjar prestasi

  3. Dan sebagainya


  1. Lalu guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman sedekah, hibah dan hadiah. Peserta didik bisa bertanya dengan menggunakan kata Tanya: apa, mengapa, bagaimana, bagaimana jika dan sebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan (Kegiatan menannya)


No

Pertanyaan

1

Apa betul bersedekah itu baik untuk perputaraan ekonomi di suatu masyarakat?

2

Kenapa masih banyak orang kaya malas untuk bersedekah?

3

Apa kiat yang harus dilakukan agar terbiasa besedekah dan hibah?

4

Apakah hibah itu boleh untuk keluarga terdekat?

5

Apakah dengan adanya hadiah membuat orang tidak ikhlas dalam suatu perbuatan?

 

Catatan:

  • Guru harus dapat mendorong peserta didik untuk berani menanya

  • Peserta didik mengungkapkan pertanyaan-pertanyaannya lewat lisan atau tulisan

  • Guru bisa meminta salah satu peserta didik untuk menulis semua pertanyaan-pertanyaan tersebut di papan tulis atau bisa ditulis di kertas.

  • Guru harus memberikan penghargaan terhadap pertanyaan yang dikemukakan oleh peserta didik, misalnya “pertanyaan yang bagus sekali, dan sejenisnya”


  1. Guru menjelaskan beberapa poin yang diramu dari beberapa poin pertanyaan atau tanggapan siswa sebelumnya (Kegiatan membaca)

  2. Atau guru memberi tugas siswa secara berkelompok untuk membaca dan memahami hasil bacaan yang ditentukan. Lalu secara bergiliran menjelaskan hasil bacaan masing-masing temannya yang lain secara bergantian

  3. Guru meminta peserta didik tetap bersama kelompoknya

  4. Guru membagi pertanyaan-pertanyaan ke tiap kelompok.  

  5. Tiap kelompok mendapat tugas satu pertanyaan. (Kegiatan menganalisa

  6. Sebelumnya ditentukan ketua kelompok yang bertugas mengatur pembagian tugas dalam menyelesaikan tugas kelompok.

  7. Salah satu kelompok maju ke depan untuk mempresentasikan hasil tugas mereka, dengan membagi di anatara mereka (moderator, pembicara, notulen, dan sebagainya), hingga semua aktif terlibat

  8. Kelompok yang mengamati dan memberi tanggapan dari presentasi salah satu kelompok. Demikian juga dengan kelompok selanjutnya

  9. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.

  10. Guru membimbing peserta didik untuk membaca kisah “Kedermawanan Utsman bin Affan  (Kolom Motivasi)

  11. Guru memotivasi dengan meminta peserta didik bercita-cita untuk mau bersedekah dan menghayati keutamaan sedekah, hibah dan hadiah. 

  12. Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah/ cerita tersebut

  13. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap kisah tersebut.

  14. Untuk memperkuat pemahaman tentang pelaksanaan tatacara bersedekah, hibah dan hadiah, guru meminta peserta didik untuk melakukan simulasi sedekah, hibah dan hadiah (Kegiatan Mempratekkan)

  15. Guru memberi penguatan dari pelaksanaan praktek simulasi sedekah, hibah dan hadiah

  16. Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman. Kegiatan Merangkum dan kolom karakter

  17. Peserta didik mengerjakan tugas/soal yang diberikan oleh guru


 3. Kegiatan Penutup

  1. Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

  2. Guru memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa

  3. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.

  4. Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa


  1. PENILAIAN

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:


  1. Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:


No

Nama Siswa

Aspek 

Penilaian

Nilai

1

2

3




















Aspek dan rubrik penilaian.

1.  Kejelasan dan kedalaman informasi.

  1. Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 1.33

  2. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan  kurang sempurna, skor 1.20

  3. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 1.10

2. Keaktifan dalam diskusi.

  1. Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi skor 1.33 

  2. Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi skor 20.

  3. Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi skor 1.10

3.  Kejelasan dan kerapian presentasi.

  1. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 1.33

  2. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 1.25 

  3. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 1.20

  4. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan  tidak rapi, skor 1.10


    1. Penilaian sikap Diri

Berilah tanda centang () pada kolom  yang  tersedia sesuai dengan perilaku kita



Berilah tanda centang () pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku kita


No

Pernyataan

Ya

Tidak

1

Saya yakin bahwa  bersadaqah akan menambah rezeki bukan malah mengurangi



2


Saya selalu bersadaqah meskipun sedikit



3

Saya meyakini bahwa saya bisa menambah pahala dengan memberikan hadiah kepada orang lain



4

Saya menyakini memberikan hibah mendekatkan diri kepada Allah Swt



5

Saya berharap kelak akan menjadi orang yang dermawan 




                 Pedoman penskoran

Ya : skor 5 .        Tidak :  skor  0.       


      Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100

                         Jumlah Skor Maksimal


    1. Penilaian antar Teman

Nama Siswa: ……………….Tanggal: ………………… Kelas: …………………..


No

Nama Siswa


JML

1

2

3

4

5

6

7

1










2










3










Dst











Keterangan aspek yang dinilai:

  1. Keaktifan memberikan pendapat/menyampaikan ide

  2. Kesediaan menerima pendapat/ide dari teman dalam kelompok

  3. Kesetiaan dalam melaksanakan tugas yang diberikan kelompok

  4. Kemampuan mengambil keputusan dalam kelompok 

  5. Kepedulian terhadap kesulitan terhadap sesama anggota kelompok

  6. Kesediaan memberikan kesempatan kepada sesama anggota kelompok

  7. Kemampuan mengorganisir/mengaktifkan kerja kelompok

Pedoman Penskoran:

  1. tidak baik  skor 1

  2. baik, skor 2

  3. sangat baik, skor 3


      Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100

                         Jumlah Skor Maksimal

    1. Penilaian Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang paling benar!



  1. Perbuatan memberikan sesuatu kepada orang lain dengan mengharap ridho Allah semata disebut…

  1. Zakat c. Hibah

  2. Hadiah d. Sadaqoh


  1. Seseorang yang memberikan sadaqoh atau hadiah kepada orang lain, maka ia harus mengetahui hukum sadaqoh, yang manakah yang termasuk hukum sadaqoh…

  1. Sunnah c. Makruh

  2. Wajib d. Mubah



  1. Dibawah ini adalah yang termasuk Rukun Sadaqah…

  1. Upeti c. Imbalan

  2. Ribah d. Ijab & Qabul


  1. Aminah memberikan sesuatu kepada Aisyah dengan tulus dan Ikhlas karena Allah SWT, maka perbuatan Aminah termasuk…

  1. Sadaqoh c. Hibah

  2. Hadiah d. Wasiat


  1. Pemberian dari seseorang kepada orang lain dengan tidak ada imbalan dan sebab disebut…

  1. Hadiah c. Hibah

  2. Sadaqoh d. Riba


  1. Hukum hibah adalah…

  1. Wajib c. Mubah

  2. Sunnah d. Makruh


  1. Hibah dapat dianggap sah apabila pemberian itu sudah mengalami proses…

  1. Jual-beli c. Sewa-menyewa

  2. Ijab-qabul d. Serah-terima


  1. Hadiah yang diberikan kepada orang lain dengan tujuan disebut…

  1. Mengharapkan kebaikannya

  2. Untuk kesetiaannya

  3. Demi meningkatkan persatuaan

  4. Untuk penghargaan


  1. Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk saling memberikan hadiah, hukum memberikan hadiah adalah…

  1. Wajib c. Makruh

  2. Sunnah d. Mubah


  1. Manakah pernyataan dibawah ini yang termasuk manfaat sadaqoh, hibah, dan hadiah…

  1. Semakin banyak yang mencacimaki

  2. Semakin sombong dan angkuh

  3. Semakin tunduk dan patuh serta bersyukur kepada Allah SWT

  4. Semakin dihormati


Pedoman penskoran : Pilihan ganda: Jumlah jawaban benar x 0,25 (maksimal 10 x 0,25  = 2,50)


    1. Penilaian Soal Uraian

Jawablah pertanyaan di bawah  ini!

  1. Jelaskan  Pengertian  shadaqoh dan hukumnya !

  2. Jelaskan Rukun shadaqoh

  3. Jelaskan Pengertian hibah!

  4. Jelaskan hukum hibah!

  5. Sebutkan Hikmah dan manfaat shadaqah,hibah dan hadiah



Kunci Jawaban


Skor penilaian soal uraian

No. Soal

Rubrik Penilaian

Skor

1

a.Jika peserta didik dapat menuliskan tentang pentingnya bershodaqoh memberi hibah dan hadiah lengkap dan sempurna, skor 10.

b.Jika peserta didik dapat menuliskan tentang pentingnya bershodaqoh memberi hibah dan hadiah lengkap, skor 6.

c. Jika peserta didik dapat menuliskan tentang pentingnya bershodaqoh memberi hibah dan hadiah tidak lengkap, skor 4.

10

2

a. Jika peserta didik dapat menuliskan perbedaan shodaqoh, hibah dan hadiah dengan benar, skor 10.

b. Jika peserta didik dapat menuliskan perbedaan shodaqoh,hibah dan hadiah kurang benar, skor 5.

10

3

a. Jika peserta didik dapat menuliskan tiga rukun shodaqoh dan penjelasannya, skor10.

b. Jika peserta didik dapat menuliskan dua rukun shodaqoh dan penjelasannya, skor 8.

c. Jika peserta didik dapat menuliskan satu  rukun shodaqoh dan penjelasannya, skor 4.

 

10

4

  1. Jika peserta didik dapat menuliskan dalil tentang shodaqoh, lengkap dengan artinya skor 10.

  2. Jika peserta didik dapat menuliskan dalil tentang shodaqoh, tidak dengan artinya skor 8.

  3. Jika peserta didik dapat menuliskan dalil tentang shodaqoh, tetapi salah  dengan artinya skor 6.


10

5

  1. Jika peserta didik dapat menjelaskan  3 manfaat shodaqoh, hibah,dan hadiah, skor 10.

    1. Jika peserta didik dapat menjelaskan  2 manfaat shodaqoh, hibah,dan hadiah, skor 8.

    1. a. Jika peserta didik dapat

4


Jumlah Skor

20


Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100 

Jumlah skor maksimal


    1. Penilaian Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur

Setelah mempelajari tentang Penyembelihan, Kurban, dan Akikah, cobalah kalian menuliskan pengalaman kalian tentang salah satu dari tema tadi (penyembelihan, kurban, dan akikah) yang kalian lakukan. Jika memungkingkan hasil pengalaman kalian ditempel di madding kelas kalian

Skor penilaian sebagai berikut:

1.  Jika  peserta  didik  dapat  mengumpulkan  tugasnya  tepat  pada  waktu  yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 4,00.

2.  Jika siswa dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 3,50.

3.  Jika siswa dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya  sedikit ada kekurangan, nilai 2,50.
















Saran:

Guru harus kreatif mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan mengikuti langkah-langkah yang ada.


  1. PENGAYAAN

Berilah tugas tambahan kepda siswa yang sudah menguasai materi untuk menghafalkan dalil-dalil tentang kurban dan akikah, sekaligus menerangkan kandungan dalil tersebut didepan kelas atau menyerahkan langsung ke guru dalam bentuk tulisan

Atau buatlah teks kultum dengan tema “Qurban sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah dan ibadah sosial”,  dengan sistematika sebagai berikut !

  1. Pembukaan. 

  2. Isi meliputi, dasar hukum qurban, manfaat qurban, hikmah qurban.

  3. Penutup /kesimpulan 

  4. Presentasikan naskah yang telah kamu buat didepan kelas !


  1. REMEDIAL

Berilah tugas kepada siswa yang belum menguasai materi untuk mempelajari materi tentang kurban dan akikah kepada teman atau kepada guru diluar kelas atau dirumah, dan tagihlah siswa tersebut untuk menerangkan materi yang diminta oleh guru pada pertemuan berikutnya

Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai)

  1. INTERAKSI GURU DENGAN ORANG TUA

Guru meminta peserta didik dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik langsung, maupun memalui telepon, tentang perkembangan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar